Guru Lawan Dominasi Microsoft

Sumber : Media Indonesia

Seorang guru sekolah di Rusia melakukan kampanye melawan dominasi global Microsoft. Pengadilan yang sempat dijalaninya karena dituduh menggunakan program Microsoft bajakan justru membuatnya dielu-elukan sebagai pahlawan oleh pers Rusia.

Sang guru, Alexander Ponosov, mendirikan Pusat untuk Teknologi Bebas Rusia yang bekerja melobi parlemen Rusia untuk mengadopsi hukum yang mendukung penggunaan peranti lunak sumber bebas. Pemerintah Rusia kemudian menyatakan akan mengatur supaya sekolah Rusia mulai menggunakan peranti lunak sumber terbuka.

Menurut Posonov, program Microsoft meraup keuntungan besar namun tidak mendorong pemikiran kreatif. Sedangkan peranti lunak sumber terbuka yang biasanya dikembangkan oleh komunitas akan lebih memberikan manfaat edukatif dan ekonomis bagi masyarakat.

Posonov sendiri tidak dikenai hukuman karena program bajakan yang dituduhkan sudah ada ketika ia membeli komputer.(*/Reuters/I-1)

Catatan Kaki : Yang kayak gini wajib ditiru di Indonesia. Melawan Dominasi Microsoft sama saja melawan Kapitalisme!! Dukung Sepenuhnya Gerakan Open Source!!

~ oleh Anti Capitalism pada Februari 22, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: