AKSI TRITURA

Pada tanggal 10 Januari 1966 terjadi suatu peristiwa sejarah yang dikenal dengan sebutan Aksi-aksi Tritura. Gerakan ini dipimpin  Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), suatu organisasi Mahasiswa ekstra-universiter. Aksi itu dimulai di pekarangan Fakultas Kedokteran, kampus Salemba  Universitas Indonesia. Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) tersebut yaitu (1) Bubarkan PKI; (2) Retool Kabinet Dwikora dan (3) Turunkan Harga.

 

Aksi Tritura ini timbul sebagai reaksi terhadap  keadaan politik, sosial, ekonomi di masyarakat dan pemerintahan waktu itu, yang telah mengarah kepada kehancuran dan konflik diantara para elite politik yang berkuasa dalam pemerintahan. Timbul kecemasan di kalangan rakyat di seluruh Tanah Air terhadap kelangsungan hidup Negara. KAMI terpanggil untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dengan melakukan demonstrasi.

 

Maka dimulailah aksi Tritura,didahului dengan suatu upacara yang diikuti oleh pimpinan Resimen Para Komandan Angkatan Darat, Kolonel Sarwo Edhi Wibowo beserta staf. Sejak itu kejadian susul menyusul dengan cepat, akhirnya bermuara dengan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966, yang tercatat sebagai titik-awal Orde Baru.

~ oleh Anti Capitalism pada Januari 28, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: