Buruh sebulan tak mendapatkan gaji 2008

Kamis, 24 Januari 2008 | 16:11 WIB

BANJARMASIN, KAMIS – Sekitar 2.400 buruh perusahaan perkayuan PT Hendratna Plywood, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (24/1), melancarkan aksi mogok kerja. Aksi ini mereka lancarkan menyusul pihak perusahan tersebut belum membayar gaji mereka dalam sebulan terakhir.

Aksi mogok para buruh kayu itu dilakukan dengan menghentikan semua kegiatan kerja di perusahaaan itu. Mereka berunjuk rasa di halaman pabrik. Para buruh tersebut menuntut pimpinan perusahaan itu segera membayarkan gaji mereka bulan Januari sudah mengalami keterlambatan pembayarannya.

Beberapa pekerjan mengungkapkan, mereka sudah memberikan toleransi kepada perusahaan hingga tanggal 20 Januari lalu untuk membayar gaji pekerja. Namun, sudah lewat empat hari, belum juga dibayar. “Sebelumnya ada komitmen perusahaan untuk membayar gaji kami tanggal 20 lalu. Kami terpaksa unjuk rasa karena pembayaran gaji tidak terjadi,” kata Kasful (38), perwakilan buruh PT Hendratna Plywood saat ditemui wartawan.

Kasful mengatakan, para pekerja akan tetap melakukan aksi mogok apabila perusahaan belum juga membayar gaji pekerja yang diperkirakan mencapai tiga miliar rupiah. Aksi mogok buruh itu sendiri berlangsung sejak pagi. Beberapa petugas kepolisian terus memantau aksi para buruh tersebut.

Sementara pada siang hari, sebagian buruh tersebut pulang. “Bersamaan dengan itu beberapa perwakilan buruh dan pimpinan perusahaan tengah berunding untuk membicarakan masalah pembayaran gaji tersebut. Kalau tidak ada keputusan, barangkali buruh akan melanjutkan aksinya,” ujarnya. (FUL)
M Syaifullah

~ oleh Anti Capitalism pada Januari 25, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: