Sun Microsystems Mengumumkan Kesepakatan untuk Mengakuisisi MySQL, Pengembang Database Open Source Terkemuka di Dunia

SANTA CLARA, CALIF. – 23 JanuarI, 2008 – Sun Microsystems, Inc. (NASDAQ: JAVA) mengumumkan telah memasuki tahap kesepakatan untuk mengakuisisi My SQL AB, sebuah perusahaan yang menjadi ikon open source sekaligus pengembang salah satu aplikasi database open source yang berkembang sangat cepat dengan perkiraan nilai total sebesar US$1 milyar. Akuisisi ini mengakselerasi posisi Sun di antara perusahaan TI sebagai perusahaan yang termasuk ke dalam pasar database yang mencapai US$15 miliar. Pengumuman ini memperkokoh posisi Sun sebagai pemimpin dalam penyedia platform bagi ekonomi Web serta peranannya sebagai kontributor open source komersial terbesar.

 

Dengan jutaan penggunaan secara global termasuk Facebook, Google, Nokia, Baidu, dan China Mobile, MySQL akan memberikan sinergi kepada Sun yang akan merubah tatanan industri perangkat lunak dengan mengadopsi database open source MySQL melalui perusahaan dan aplikasi yang lebih tradisional. Integrasi dengan Sun akan memperbesar daya tarik komersial terhadap penawaran MySQL dan meningkatkan proposisi nilainya dengan tambahan organisasi layanan global Sun. MySQL juga akan memperoleh distribusi baru melalui channel Sun termasuk hubungan OEM dengan Intel, IBM, dan Dell.

 

“Akuisisi ini memperkokoh posisi Sun di tengah ekonomi Web global. Dukungan terhadap rencana pertumbuhan kami secara keseluruhan dengan mengakuisisi MySQL memperkokoh investasi kami dalam bidang teknologi yang merupakan tuntutan dari mereka yang mendorong efisiensi dan pertumbuhan yang tinggi, mulai dari raksasa media Internet hingga perusahaan tradisional terbesar dunia,” ujar Jonathan Schwartz, CEO dan Presiden, Sun Microsystems. “Karyawan dan budaya perusahaan MySQL serta keberadaannya di Web, menjadikannya pasangan ideal bagi pendekatan terbuka Sun terhadap inovasi jaringan. Dan yang paling penting, pengumuman ini meningkatkan investasi kami di jantung komunitas inovasi Internet dan perusahaan yang mengandalkan teknologi sebagai senjata yang kompetitif.”

 

Database open source MySQL digunakan secara luas dalam seluruh sistem operasi, vendor hardware, geografi (semua sektor), industri, dan tipe aplikasi besar. Jajaran produk pelengkap akan memperluas jangkauan database MySQL dan diharapkan dapat membuka pasar baru bagi sistem, virtualisasi, middleware, dan storage platform Sun.

 

“Kombinasi MySQL dan Sun mewakili kesempatan besar untuk pengguna dan organisasi dari berbagai skala yang mencari inovasi, pertumbuhan dan pilihan,” kata Marten Mickos, CEO, MySQL. “Budaya perusahaan dan model bisnis Sun melengkapi kepemilikan MySQL dengan membagi idealis sama yang telah kita miliki sejak awal Sun didirikan – yaitu kebebasan software, inovasi online dan komunitas serta partisipasi mitra. Kami sangat senang bekerja dengan Sun dan jutaan anggota ekosistem open source MySQL untuk terus menghadirkan database terbaik untuk memperkokoh ekonomi Web modern.”

 

Database open source MySQL adalah “M” pada LAMP – software platform yang terdiri dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP/Perl yang sering dilihat sebagai pendiri Internet. Sun berkomitmen untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penyimpanan LAMP pada GNU/Linux dan Microsoft Windows bersama dengan OpenSolaris(TM) dan MAC OS X. Database dari MySQL, OpenSolaris dan GlassFish(TM), bersama dengan platform Java(TM) Sun dan komunitas NetBeans(TM), akan menciptakan platform aplikasi Web yang kokoh di seluruh jajaran luas pelanggan yang mengubah aplikasi mereka ke Web.

 

Lebih dari 100 juta kopi software database open source MySQL yang berkinerja tinggi telah di-download dan didistribusikan, selain itu tambahan 50.000 kopi di-download setiap hari. Penetrasi global ini bersama dengan kekuatan MySQL di Web 2.0. Software sebagai Service (SaaS), perusahaan, telekom, dan karakteristik pasar OEM menjadikannya pasangan yang penting bagi Sun. Dengan MySQL, Sun akan memiliki kemampuan untuk mempererat hubungan yang telah ada dengan pelanggan dan menciptakan kesempatan baru dengan perusahaan yang mencari fleksibilitas dan kemudahan menggunakan sistem open source.

 

Setelah melengkapi transaksi yang diajukan, MySQL akan digabungkan dengan organisasi Software, Sales and Services Sun dan CEO perusahaan, Marten Mickos, akan bergabung dalam tim pemimpin eksekutif senior Sun. Sementara, tim gabungan dengan perwakilan dari kedua perusahaan akan membangun rencana integrasi yang akan membangun sinergi teknis, produk dan budaya serta praktik pengembangan bisnis dan produk terbaik dari kedua perusahaan. MySQL berkantor pusat di Cupertino, CA dan Uppsala, Swedia dan memiliki 400 karyawan di 25 negara.

 

Sebagai bagian dari transaksi, Sun akan membayar sekitar $800 juta tunai untuk membeli seluruh saham MySQL dan kurang lebih $200 juta untuk membeli hak opsi (option). Transaksi diharapkan akan ditutup paling lambat pada kuartal ketiga atau awal kuartal empat tahun fiskal Sun 2008. Penyelesaian transaksi bergantung pada kondisi persetujuan peraturan dan penutupan tertentu lainnya. Perjanjian diharapkan dapat menambah pemasukan operasional FY10 dengan basis GAAP.

 

Tentang MySQL

MySQL AB mengembangkan dan mendukung serangkaian produk database berkinerja tinggi dan terjangkau. Produk utama yang ditawarkan oleh perusahaan adalah “MySQL Enterprise’, satu set lengkap produk software yang telah teruji, alat monitoring yang proaktif, dan layanan pendukung premium. MySQL adalah software database open source yang paling populer di dunia. Banyak organisasi terbesar dunia yang memiliki pertumbuhan tercepat – termasuk pemimpin industri seperti Yahoo!, Alcatel-Lucent, Google, Nokia, YouTube dan Booking.com – menggunakan MySQL untuk mengehemat waktu dan biaya dengan memperkuat situs Web mereka yang bervolume tinggi, sistem kritis bisnis dan paket software. Berkantor pusat di Amerika Serikat dan Swedia – serta beroperasi di seluruh dunia – MySQL AB mendukung nilai open source dan kebutuhan pelanggan korporat. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai MySQL, silahkan kunjungi www.mysql.com.

 

MySQL dan logo MySQL merupakan merek terdaftar dari MySBL AB di Amerika Serikat, Uni Eropa dan di negara lainnya.

 

Tentang Sun Microsystems, Inc.

Sun Microsystems mengembangkan berbagai teknologi yang menggerakkan pasar global. Berdasarkan visi tunggalnya – “The Network is the Computer” — Sun mempelopori partisipasi jaringan melalui inovasi, pengembangan komunitas dan kepemimpinan dalam open source. Sun berada di lebih dari 100 negara serta dalam http://sun.com.

 

Sun, Sun Microsystems, logo Sun, OpenSolaris, GlassFish, Java, NetBeans dan The Network is the Computer merupakan merek dagang atau merek dagang terdaftar untuk Sun Microsystems di Amerika Serikat dan di negara lainnya.

-redbulletin-

~ oleh Anti Capitalism pada Januari 24, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: